Widia Sereniti
Departemen Ilmu Komputer (www.cs.ipb.ac.id)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (www.fmipa.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumen Behavior Class)
Departemen of Family on Cosumenr Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)
Dosen:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, Msc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yulianti, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md Djamaluddin, MSc
Buku:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Kuliah:
Kuliah Senin Siang 15 Febuari 2016
Kuliah pertama saya di mata kuliah Perilaku konsumen ini
sangat menyenangkan. Saya pikir akan sangat membosankan duduk diam 2.5 jam
karena kebetulan mata kuliah ini 3 sks tanpa ada responsi, ternyata
kebalikannya. Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, Msc dosen yang mengajar ternyata
interaktif sekali dan sangat lucu, pembawaan materinya tidak berpacu pada slide
materi. Saat awal-awal materi kita ditanya apa itu perilaku konsumen??? dan
yang membuat lebih menarik adalah dari semua mahasiswa dikelas tidak boleh ada
yang sama, dan saya duduk di barisan tengah jadi saya harus memutar otak saya
agar tidak kena hukuman untuk menghibur teman-teman yang lain. Mulai dari
pembelian barang, mengkonsumsi barang, perilaku perdagangan, mengatur
pengeluaran .......dsb sudah disebutkan. Tiba giliran saya, saya menjawab
online shopping dan ternyata benar. Lega rasanya.
Pada mata kuliah ini kita belajar tentang apa itu perilaku
konsumen??? Apa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen??? Bagaimana timbulnya
motivasi??? Apa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi??? Apa itu kebutuhan???
Dan lainnya. Dijelaskan bahwa perilaku konsumen adalah perilaku yang
diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, semua kegiatan, tindakan, serta
proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli,
dan ketika membeli, dan sesudah membeli. Motivasi adalah faktor pendorong dalam
diri, motivasi itu muncul karena adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi sehingga
menimbulkan tekanan dan dorongan kemudian muncul perilaku untuk memenuhi
kebutuhan hidup.Dijelaskan juga tentang faktor-faktornya yaitu ada faktor
pendorong yang terdiri dari primer need (kebutuhan primer), dan secondary needs
(kebutuhan sekunder). Sedangkan untuk faktor manfaat ada kebutuhan utilitarian
dan kebutuhan hedonik/ ekspresif.
Selain itu juga tidak ketinggalan info-info dari Prof. Dr.
Ir. Ujang Sumarwan, Msc tentang mengatasi kemacetan dengan menyediakan bus
gratis, parkiran yang mahal perjamnya, pemberlakuann pajak mobil yang sudah diatas
10 tahun, selain itu penjelasan mahasiswa luar negeri yang tidak gengsi kerja
part time untuk membiayai kuliah mereka dsb. Intinya mata kuliah ini asik,
tidak membosankan, tertawa terus.
web sampah
BalasHapus